Senin, 11 Oktober 2010

KUE LUMPUR UNGU


Lagi nganggur berat nih...Buka buka tabloid saji ,kok kayaknya ada resep yang enak yah..maksudnya enak hasilnya gampang bikinnya he..he.. klo yang susah sih dah keder dulu .cek n ricek bahan bakunya...hore..hore..komplit lit.. lit..ada ubi ungu hasil liburan di puncak kemaren.yo wes lah bikin yuk...e iya waktu bikin sempat juga si jidat keriting 12. Knapa ya judulnya kue lumpur??apa ntar klo udah matang hasilnya juga seperti lumpur? ada becek beceknya gitu ? aih..aih..itu mah pikir aku waktu belom tau betapa enaknya kue yang satu ini.nama boleh serem tapi soal rasa....silakan di cobain sendiri d.

Tapi membuat kue lumpur ini tidaklah semanis menikmati matangnya.halahhh GOSONG again...
bukan karna kelamaan diangkat tapi cetakannya terlalu tipis jadi musti di ganjel dulu biar api gak langsung mengenai ke cetakannya..

LUMPUR TELO SANTAN

Bahan:
Santan 400 ml dari 1/2 butir kelapa
tepung terigu protein sedang 250 gr
Garam 1/2 sdt
Gula pasir 150 gr
Ubi manis ungu 250 gr,kukus haluskan
margarin 75 gr cairkan
Telor ayam 6 butir kocok lepas
Daun pandan

Bahan Areh:
Santan kental 200 ml dari 1/2 butir kelapa
tepung beras 15 gr
garam 1/4 sdt
Gula pasir 25 gram

Cara membuat :
1.Areh :
Campur semua bahan dan masak sambil diaduk hingga mendidih dan kental.Angkat.masukkan dalam plastik segitiga.sisihkan

2.Campur santan,garam,gula,dan daun pandan.Masak sambil diaduk hingga gula larut.Angkat dan dinginkan.

3.Campur terigu dengan ubi manis ungu,masukkan telur.

4.Aduk perlahan sambil dituangi dengan rebusan santan hingga adonan rata.

5.Panaskan cetakan kue lumpur mungil,oles dengan sedikit margarin.

6.Tuang adonan dalam cetakan hingga hampir penuh ,masak hingga hampir matang.

7.semprotkan areh diatas kue lumpur sambil dibentuk sesuai selera.Tutup cetakan,masak hingga matang.Angkat .Sajikan.


klo penampakannya, duh punyaku kurang cuantiik yah, daya kreatifitas musti di explore lg niy..

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar