Kamis, 05 Agustus 2010

DENDENG BALADO

"Ma...enyak lho dendengnya..beli dimana..?"walah..benar2 tidak menghargai hasil karya istri sendiri ! he..he..jarang2 lho si pap muji2 masakanku..karna biasanya selalu ada makanan yg "ajaib" yang kusajikan.Jadinya mungkin...agak2 sedikit ga percaya klo dipesan dari Olala Kitchen...

Olala Kitchen??? apaan tuh..?? idih...ga gaul nih si papap .Itu lho dapur mungil kita yang skarang digunakan buat bersemedinya istrimu ini dan kertas2 resep dan mixer,loyang plus teman2nya .Doain ya pap smoga smua masakan bisa diselesaikan sesuai harapan ,biar kakak Putri ga suka jajan lagi.Biar bekal skolah kakak putri slalu habis tak tersisa.Dan biar istrimu ini juga bisa rajinnn bikin puding dan bolu kesukaan papap.Dan yang pasti nich biar klo pengen makanan yang enak ,ga perlu pusing nyari sampe keliling senen.tinggal request dan tadaa..smuanya langsung tersaji.dan papap ga usah khawatir setelah makan dijamin ga ada tagihannya..!he..he..he..tapi awal bulan jangan lupa beli sembako dan bahan2 kuenya dibanyakin yah .biar bisa masak seeeeepuasnya :-)

Kali ini ada waktu untuk praktek masakan kesukaan keluarga kecilku."Dendeng" masakan padang yang satu ini sangat terkenal dilingkungan asalnya.Ada yang paru ,ada yang daging,ada yang kering yaitu daging setelah direbus dan ditipiskan digoreng sampai kering dan ada juga yang setengah kering.ada yang dijemur dan ada yang digoreng .Saya buat dendeng daging,yang setengah kering aja (dendeng lambok).Ini resepnya dari ibu saya yang asli padang.

DENDENG BALADO

Bahan :
1/2 kg daging has dalam
1 ruas jari jahe
5 siung bawang merah
3 siung bawang putih
3 sendok makan air asam jawa
Garam secukupnya

Bahan Sambal:
10 buah cabe merah besar
5 siung bawang merah
1 lembar daun jeruk
gula secukupnya
garam secukupnya
cuka secukupnya

Cara membuatnya:
Haluskan jahe,bawang merah,bawang putih dan garam.Balurkan kedaging yang sudah dibersihkan sampai rata.diamkan 10 menit.Tambahkan air asam jawa dan rebus daging sampai empuk.potong dan dan goreng daging stengah kering.

Cara membuat sambal:
Keprek kasar cabe merah dan bawang merah.masukkan kedalam minyak yang sudah dipanaskan.tambahkan daun jeruk dan garam.Setelah layu tambahkan gula dan cuka.Aduk sampai wangi dan matang.Campurkan dendeng yang sudah digoreng dengan sambal.Hidangkan.

Selamat mencoba..

1 komentar: