Rabu, 13 Maret 2013

Bakpao Ayam

Aku suka banget beli bakpao yang dijual abang-abang dekat rumahku.Rasanya enak.aku paling suka rasa kacang ijo,tapi anakku suka yang ayam.
Tapi sejak ada isu-isu yang aneh-aneh di TV aku jadi takut juga untuk beli makanan di sembarang tempat. Dan akhirnya kepikiran buat bikin aja.Walopun sebelumnya aku belum pernah membuatnya tapi ga ada salahnya dong untuk di coba :)
Setelah nyari di arsip NCCweek,aku ketemu dengan resepnya Ling Wei..,mbak resepnya aku intip yaa.Makasi.
Aslinya ini perbaduan antara resep ibu Sisca soewitomo dan resepnya ny.Liem, Dua pakar kuliner ternama yang aku kagumi :)





































Tapiiii  penampakan pau yang aku buat ini,lebih cenderung seperti warna roti karena aku tidak menggunakan pemutih makanan sama sekali.Tapi untuk soal rasanya enakkk ga kalah sama yang dibuat sama si abang-abang yang jualan di dekat rumahku.





































Bakpau Ayam

Adonan Pau
(Resep Bu Sisca Soewitomo)

Bahan :
  500 gr tepung terigu protein rendah,misal kunci..
  100 gr gula bubuk
  1 sdm ragi instant
  1 sdt baking powder
  1 sdm susu bubuk
  1 sdt bread improver
  1/4 sdt pemutih makanan ( saya ga pake)
  275 ml air
  75 gr mentega putih

Cara membuat :
1. Campur tepung terigu,gula bubuk, ragi instan, baking powder, susu bubuk, dan bread improver, aduk rata.. Masukan air, aduk rata dan uleni.. Tambahkan mentega putih, uleni hingga kalis, bulatkan dan istirahatkan selama 1 jam..

2. Bentuk adonan memanjang seperti lontong.. Potong jd 30bagian dan bulatkan.

3. Ambil adonan, isi dengan adonan isi.. Tutup dan bulatkan.. Alasi dengan kertas roti.
4. Kukus selama 10 menit hingga matang, sajikan hangat.

Note : kl pakai pemutih makanan, masukannya pemutihnya bareng dengan tepung2an.

Adonan isi Ayam
(Resep Ny. Liem)

Bahan :
  200 gr dada filet, cincang
  50 ml minyak ayam ( sy ga pake)
  4 sdt garam
  2 sdt penyedap rasa ( saya ga pake)
  1 sdm kecap asin
  1 sdt angciu ( saya ga pake)
  1 sdt kaldu bubuk ( saya ga pake)
  50 gr jamur hioko, rendam, potong kecil2
  1 sdm tepung tapioka
  4 sdt merica bubuk
  1 sdm gula pasir
  1 sdt kecap manis
  1 sdt saus tiram
  2 sdm minyak, untuk tumis
  1 sdt bawang putih cincang
  25 gr irisan daun bawang

Cara membuat :
1. Tumis bawang putih dan daun bawang dengan minyak hingga harum..
2. Masukan ayam, aduk hingga berubah warna. Tambahkan jamur, aduk, dan bubuhi garam, kecap asin, tepung tapioka, merica, gula pasir, kecap manis dan saus tiram.. Masak hingga matang..
3. Angkat dan dingin kan..

Note : kl pakai penyedap rasa, kaldu bubuk dan angciu, masukan bareng dg bumbu yg lain..







































Ada beberapa bahan-bahan di resep aslinya  yang saya skip karena mengingat ada beberapa produk yang tidak halal untuk dikonsumsi dan ada beberapa karna memang persediaan di lemari dapur saya lagi kosong hehe ketauan malasnya ya..Tapi tanpa banyak bumbu -bumbu penyedap itu udah enak koq.
Jadiiii ... bisa say good bye sama si abang bakpao :P

Tidak ada komentar:

Posting Komentar