Rabu, 04 Juni 2014

Tahu Bakso

Kangeen sangat dengan bakso rumahan  yang di jual di sekolahan adek Salsa. Biasanya si abang Bakso suka datang sambil nawarin bakso tahu dan bakso daging dagangannya. si abang jualnya seharga 3000/ biji. Biasanya aku beli 10 aja.itu juga buat di cicil makan sendiri bisa awet  sampe 3 harian..Kalo penduduk rumah yang lainnya pada gak suka. Padahal dari rasa lumayan dan penampilan si abang dan peralatannya juga bersih. Dan biasanya di sekolahan, ibu-ibu udah nungguin si abang bak nungguin tandatangan dari selebrity impiannya  wk..wk..wk.. dan langsung ngantri untuk ngeborong bakso tahu si abang ini.Tapi udah beberapa bulan ini si abang gak tau tuh ngilang kemana.

Karena udah ngiler ngences, akhirnya aku coba buat sendiri deh tahu baksonya. Pertama kali nyoba, baksoya agak berasa tepung dan tahunya kurang nyummy karena aku pake tahu yang tawar.dan lupaa lagi ngasih garam hehe..

percobaan yang ke 2 tepungnya aku kurangin dan hasilnya lumayan.
dannn taraaa... percobaan ketiga.... langsung enakkkk kata  anak-anakku yang dulunya gakk suka sama bakso si abang-abang.
 



Bahan :
15 buah tahu yang sudah di goreng (aku pake tahu pong)
500 gram daging sapi, yang segar yaa supaya bakso bisa kenyal tanpa obat pengenyal. Tapi kalo kepepet     masih bisa pake daging sapi yang udah dari lemari es, tapi rasanya kurang seenak yang dari daging sapi segar.
120 ml air es
1 sendok makan bawang putih yang sudah digoreng
5 siung bawang putih ,haluskan
1/2 sdt soda kue
1 butir telur
1 sdt lada bubuk 
150 gr tepung sagu (tergantung kekentala adonan, bisa lebih banyak atau lebih sedikit, kalo pengen lebih berasa dagingnya tepungnya bisa lebih sedikit dan sebaliknya)

cara membuatnya :
1. Haluskan daging dengan campuran air es dengan menggunakan blender ,tambahkan bawang putih goreng,bawang putih yang sudah dihaluskan ,dan telur, blender kembali sampai halus.
2.Setelah rata, pindahkan ke baskom.Tambahkan lada dan baking soda. aduk rata.
3.Tambahkan tepung sagu sedikit demi sedikit sambil diaduk rata .
4.masukkan adonan ke dalam tahu pong yang sudah di beri garam.
5.Kukus kurang lebih 15 menit.
Siap di hidangkan.. :D

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar