Minggu, 05 Januari 2014

Puding Batik



Hari ini jadwalnya bersih -bersih lemari es. Biasalah hal wajib yang mesti di lakukan dua minggu sekali. haha pemalas yaa..., ehhh ternyata banyak harta karun yang tersimpan hihi.., ada coklat blok, ada krim kental, susu uht  waduuhh harta karun yang sangat berharga  :D

Memang ya kadang aku suka lupa  menghabiskan sisa bahan-bahan dilemari es. kadang udah harus masuk tong sampah karena udah expired :(

Cek and ricek ternyata semua bahan masih ok. langsung dech pengen bikin puding batik. Ini kesukaan para krucils di rumah. Gak cukup sejam pudingnya udah sisa seperempatnya..

Btw namanya puding batik tapi bikinan aku kok jauuuhh banget dari moti batik :), ga apa -apa yaa..yang penting rasanya uenakkk..


Puding Batik

Source : Buku 100 puding lapis Dapur Kirana

Bahan Puding  putih

750 ml susu cair (saya pake 700 ml aja, 500 ml susu uht tambah 200 ml air)
1 bungkus agar-agar bubuk putih
150 gr gula pasir
2 kuning telor
250 ml krim kental

Bahan puding Coklat

500 ml susu cair (saya pakai 300 ml susu uht tambah 200 ml air)
120 gr gula pasir
1 bungkus agar-agar bubuk warna putih
150 gr dark cooking chocolate, lelehkan
2 kuning telur kocok

Caranya :
Puding Putih :
Masak susu cair, agar-agar dan gula pasir hingga mendidih.Kocok kuning telur,Tambahkan 1 sendok sayur susu cair,aduk rata.Tambahkan krim kental.Aduk rata.Tuang adonan ke dalam panci. Panaskan hingga mendidih. Angkat. Biarkan hingga setengah mengeras.

Puding coklat :
Masak susu cair, gula pasir, agar-agar dan dark cooking chocolate hingga mendidih.Kocok kuning telur. tambahkan 1 sendok sayur susu.Aduk rata.Tuang kembali ke dalam adonan agar-agar.Aduk rata hingga mendidih.Sisihkan .Biarkan hingga setengah mengeras.

Penyelesaian :
Siapkan cetakan.Basahi dengan air. Tuang adonan putih dan coklat secara bergantian secara acak.Dinginkan hingga mengeras.Sajikan dingin dengan vla.







Tidak ada komentar:

Poskan Komentar