Kamis, 02 Mei 2013

PECAK GURAME

Pernah makan pecak gurame H.Nasun? Warung masakan khas betawi  ini berada di daerah jagakarsa jakarta selatan. nahh beberapa waktu yang lalu aku dan temen-temenku  datang ke warung ini pas waktu  aku ulang tahun .Iseng sebenernya whuaa isengg??  sengaja maksudnya yaa ;). cause mau bikin kue koq yahh kayaknya ga special secara tukang kue gitu lhoo ..udah keseringan liat kue :) , mau makan yang serba daging yahh temen-temenku pada diet kali yee..pada darah tinggi tuh smua .Ya udah akhirnya aku ajakin aja ke warung ini. Jadi bedakann..,pada takjub karna ini baru pertama kali mereka nyicipin masakan ini.Dann smua pada doyann :)

Sebenarnya aku udah sering denger tentang masakan betawi ini, dari koran-koran dan dari acara "Wisata Kulinernya " pak Bondan di TV. Menurut testimoni yang aku denger sih pecak ini maknyuss banget klo minjam istilahnya pak bondan . Nahh daku penasaran lagii donk soalnya aku belum pernah tau yang namanya "pecak" itu seperti apa rupanya ,rasanya ..

Dan setelah aku cobain  ternyata penampakannya seperti bumbu gulai pake santan bengono noo.tapi bedanya ini pake kencur dan kacang tanah.Rasanyaaaa, nyobain aja bikin sendiri hehehe

Dan akhirnya aku coba cari resepnya dan horayyyy....ini pecak gurame bikinan daquu :D






































Source :

1 ekor (750 g) ikan gurame besar (1kg), potong menjadi 4 bagian
1 mangkuk (75 g) kacang tanah
1 mangkuk (75 g)kacang mede (Aku ga pake,cuman lagi punya kacang tanah aja, tapi rasa akhir tetep asooyy)
1 butir kelapa, buat santan kental
Bumbu:
20 siung bawang merah
3 siung bawang putih
10 cabe merah keriting
5 cabe rawit
15 butir kemiri
2 jempol (4 cm)jahe
2 kelingking (4 cm) kencur
2 kelingking (4 cm)  kunyit
Garam secukupnya

Cara membuat:


  • Goreng 10 siung bawang merah, 3 siung bawang putih, dan kunyit.
  • Haluskan semua bumbu (mentah dan goreng).
  • Tumbuk halus kacang tanah, kacang mede, dan sisa bawang merah mentah.
  • Campur dengan bumbu halus.
  • Masak semua bahan dengan santan sampai mendidih, tambahkan garam seperlunya.
  • Bersihkan ikan gurame, potong menjadi 4 bagian, lumuri dengan perasan jeruk nipis dan garam.
  • Goreng hingga matang dan kering. Angkat dan tiriskan.
  • Siramkan saus kental sambal kacang bersantan di atas gurame goreng, kemudian sajikan.

Selamat mencoba  yaa..

Duhh ini aku udah makan 3 kali dari pagi dan kayaknya akan berlanjut sampe pecaknya habis hihihi ,lupain diet..lupain diet..slurrrpp

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar