Kamis, 16 Mei 2013

LASAGNA


Ngemall dan nyari masakan pasta2an di resto ??? whuaaa sekarang itu bukan gw banget lagiiii   hehe ,nih dengan sedikit keajaiban di dapurku yang yahuud imut inihh , yahhh pastinya si encep "nova"  dunk yang  jungkir balik dengan rela midnight show , si pasta sudah ada di depan mata di pagi hari .Si kakak happy banget bawa bekal idaman temen-temennya :)

Sejak bisa bikin pasta-pastaan dengan itungan kedipan mata *gubrak*  hihihi maunya tiap ada kesempatan pengennyaa bikiinn, si papa martin paling rajin nyetok pasta.Beli yang instant aja , daqu si enchef sih happy2 aja dong yak ;) .

Tapi jangan khawatir klo disekitar tetanggamu ga ada yang jualan kulit lasagna instant, tapi dirimu ngotott mau bikin ya sutra , bikin aja kulit untuk lasagna ini dari adonan kulit  risoles, begitu kata teh Nicke JJ.Tapi yang ini nih aku belum nyoba ,next time  nih PR nya.

Bahan sauce Daging Bolognaise :

3 sdm margarine blueband

3 siung bawang putih dirajang halus

250 gram daging  giling

100 gram ayam giling

3 butir Tomat segar potong dadu

3 butir Bawang bombay potong dadu

2 butir paprika potong dadu(aku pake paprika merah 3 biar rasanya asooyy)

2 botol sauce tomat delmonte (aku pake sauce tomat Abc aja)

2 block kaldu sapi instant Maggie

2 sdt merica bubuk

1 sdt garam halus

2 sdm daun Oregano kering

 

Cara : 

 

1. Tumis bawang putih sampai kekuningan, masukkan daging giling hingga harum dan kecoklatan, lalu tambahkan ayam giling hingga coklat dan matang , taburi garam dan merica.

Menurut si teteh penggunaan daging giling ini akan berasa lebih gurih kalo dicampur dengan sedikit ayam giling,(aku sih ngikut aja :))

2 . setelah matang tumisan dagingnya, masukkan bawang bombay, tumis sebentar, lembut lalu paprika, lalu tomat segar, masukkan oregano terakhir saus tomat, tunggu hingga matang  angkat dan sisihkan.


Bahan Sauce Bechamel atau Sauce Putih :

 

2  kaleng susu evaporated FN (di catet nih yaaa,susu tawar bukan yang manis yoo,soalnya aku pertama kali bikin pake susu skm hihi, duhh bisa langsung diabetes d tuh)

1/2 kaleng susu FN air putih

6 sdm  terigu, cairkan dgn air setengah kaleng

2 sdt peres  garam halus

4 sdm munjung keju Chedar parut pake merk apa aja tapi aku pake kraft

1 sdm butter 

 

Cara membuat :

 

Tuang susu dan air kedalam panci dengan api sedang,  tambahkan cairan tepung terigu dan garam, aduk perlahan hingga hampir mengental, masukkan keju parut, aduk kembali hingga menyatu, ketika sudah kental sekali matikan api dan masukkan butter biarkan mencair alami, sisihkan

Panasin dulu oven sebelum mulai menyusun adonan lasagna ini yaa..,trus pastikan didepan mata udah ada 3 adonan.Pertama, Adonan kulit (aku rebus dulu dengan air yang diberi sedikit minyak supaya gak lengket.Rebusnya secukupnya aja ga sampe lama.Karna klo ga di rebus , harus di ovennya agak lama.Kedua,Sauce daging bolognise dan ketiga, Sauce putihnya bahasa kerennya sauce Bechamel.Klo udah lengkap

Susun adonan kulit dalam satu wadah , disusun rapi dan disesuaikan ukuran wadahnya trus lapisi dengan sauce bolognise .Ratakan sampai semua adonan kulit tertutup.Kemudian tuang sauce bechamel diatasnya. Ratakan lagi.Begitu selanjutnya diulangi lagi dari adonan kulit,bolognise dan terakhir pananskan sauce bechamel masukkan potongan mozarella Cheese kurang lebih 100 gr dan aduk sampai larut.Kemudian tuang diatas sauce bolognise sebangai penutup.Dan oven selama 15 menit.

Selesai Siap di santap hmmm yahuuuddd..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar