Minggu, 28 April 2013

SOTO AYAM Bumbu Kuning

Minggu ini pengennya masak yang berkuah dan bersantan cause udah lama juga gak bikin soto yang enakkk ini.Sebenarnya aku lupa persisnya  dapat resep ini kapan dan  dari mana.Tapi yang pasti ini aku dapatkan pas awal awal aku belajar masak dan langsung deh jadi menu favorit .Apalagi kalo di campur sama ceker..duhhh asoooyyy dehh rasanya (sayangnya kali ini lagi ga ada ceker). Dalam sekejap aku dan putri-putri cantikku bisa balapan buat ngabisinnya, tapi si papa  Martin ga doyannn ,"geli" katanya hehe tapi lumayan ahh sainganku kan jadi berkurang :D








































Bahan :
500 gr ayam kampung
500 gr santan kental
1 liter kaldu ayam (aku pake air rebusan ayam)
1/2 buah pala
1 ruas kecil kayu manis
2 lembar daun salam
garam secukupnya
penyedap rasa (optional)
tomat
emping
daun bawang iris tipis
bawang goreng untuk taburan
kentang goreng

Bumbu yang di haluskan :
15 buah bawang merah
3 siung bawang putih
1 ruas jahe
1 ruas lengkoas
1/2 sdt merica
1/2 sdt jinten
4 butir kemiri

Cara membuat :
-Rebus daging ayam sampai setengah empuk.Tambahkan pala , kayu manis dan garam secukupnya.
-Tumis bumbu yang dihaluskan sampai wangi,kemudian masukkan ke rebusan daging.
-Tambahkan santan,daun bawang dan seledri lanjutkan merebus sampai beberapa menit sampai daging empuk dan matang.
-Setelah matang, hidangkan dengan emping dan kentang goreng.Tambahkan tomat dan bawang goreng.

 Selamat menikmati














Tidak ada komentar:

Poskan Komentar