Senin, 24 September 2012

Meat Floss Roll Bun



Mulai bosen niy bikin cake melulu yak sodara-sodara...saatnya donk dakuw  mau naik kelas ciee..cie.. :).  Iseng  (egak ding ini sengaja ) diniatkan banget buat bikin adonan ini ,mumpung lagi sepi kerjaan,mumpung adek caca lagi nyenyak,dan mumpung di rumah lagi habis stok makanan ,yah soalnya biasanya Alhamdulillah di rumah selalu aja ada rejeki,dibawain bungkusan sama temen  temennya si papa,di anterin sogokan sama bundanya zahra temenku , di bawain oleh-oleh sama temen-temenku  atau dijajanin sama adekku hehehe (tapi  sejak adekku pindah jadinya ga terlalu semangat nih buat jajan ). ihhh.... ini contoh yang ga baik yaahh .., makanya dari pada jajan melulu mending nyoba bikin sendiri yuk...

Setelah nyiapin bahan bahan, langsung dweh bingun mode on* kambuh  ,ngadoni nya  pake apa ya secara aku baru punya mikser yang kapasitasnya cuman buat bikin cake aja dan klo disuruh bikin adonan roti ,kayaknya aku agak-agak ga tega. Rodi bangeed  kesannya :) ,trus nanya -nanya ke tetanggah sebelah...yaiiii bisa lho pake tenaga dalam tapii  sebelumnya harus nyiapin air yang banyak dan cemilan biar ga bete hihihi..,Ya sutraaah lah yaak  akhirnya pake mikser LG aja alias "Lengan Gue" ;)  hihihi pokoke harus manfaatin fasilitas yang ada ;)

pake resepnya bunda nadhifa.
    
  Meat Floss Roll Bun

200 gr tepung terigu protein tinggi (cakra kembar)
50   gr tepung terigu protein sedang (segitiga biru)
30   gr gula pasir halus (bisa pake gula pasir yang kasar tapi di blender dulu sbelumnya)
   1 sdm susu bubuk full cream
   6 ragi instant
1/4  gr bread improver 
    2 butir kuning telur
100 ml air es
  50 gr margarin
1/4 sdt garam

topping :
1 kuning telur kocok lepas
2 batang daun bawang cincang kasar
wijen sangrai secukupnya (aku ga pake ,lagi ga punya soalnya :))

Filling :
mayonaise
meat floss

Cara membuat :
1.Campur terigu,ragi instant dan bread improver.aduk rata.
Masukkan telur,aduk rata.Masukkan air es sedikit demi sedikit sambil di uleni, hentikan penambahan air jika sudah dirasa cukup.Uleni sampai setengah kalis.
2.Masukkan margarin dan garam.Uleni sampai kalis dan elastis.Permukaan adonan licin dan tidak mudah sobek jika di beberkan tipis.Tempatkan dalam wadah tutup dengan kain lembab.Istirahatkan sampai adonan mengembang sampai hampir 2X lipat.
3.Kempiskan adonan, gilas tipis ukuran 30x30 dan tempatkan dalam loyang 30x30 yang sudah diolesi dengan margarin..tusuk-tusuk pakai garpu supaya  adonan tidak mengangkat waktu dipegang.Istirahatkan lagi selama 15 menit.
4.Olesi dengan kuning telur taburi dengan wijen dan daun bawang yang sudah di cincang halus.
5.Panggang di oven dengan suhu 180 C sampai  matang tapi jangan sampai terlalu kering supaya tidak pecah waktu menggulungnya.Beri api atas beberapa menit saja,supaya ada efek coklatnya.
6.Setelah matang,angkat dari oven, siapkan kertas roti yang ukurannya lebih besar dari loyang.atau bisa juga dengan kain serbet bersih.oles dengan mayonaine dan taburi denagn abon.gulung perlahan sambil di  padatkan.Potong menjadi 5 bagian .olesi masing-masing  ujungnya dengan mayonaise dan taburi dengan abon.

Hasilnya enyakkk,rasanya ga kalah sama yang dijual  ditoko kue langgananku.Buat sarapan pagi besok harinya masih tetep lembut karna aku masukin kedalam plastik kedap udara.











                                                         





 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar